Lupa Password e-filling? Ini caranya..

Lamanya jeda waktu antara pengisian pajak online setiap tahunnya membuat kita lupa password e-filling kita atau bisa juga kita lupa dimana tempat menyimpan password e-filling kita. Maka dari itu dibawah ini adalah tips untuk mendapatkan kembali atau me-reset password e-filling kita:

  1. Lupa password tapi ingat email yang digunakan untuk mendaftar.

Syarat lupa password/email adalah anda harus mempunyai nomor efin (Electronic Filing Identification Number). Nomor efin dapat dilihat/dicetak ulang melalui Kantor Pelayanan Pajak terdekat. Setelah mengetahui berapa nomor efin anda, silahkan masuk kehttps://djponline.pajak.go.id, pilih layanan yang akan digunakan, kemudian akan muncul halaman login, di bawah form login ada tulisan “Lupa dengan password anda? reset disini”, klik link tersebut kemudian akan muncul halaman menu lupa password. Kemudian masukkan nomor NPWP dan efin anda, masukan kode keamanan dan jika sudah, klik submit,dan password baru akan dikirimkan ke email anda.

  1. Lupa password dan lupa email yang digunakan

Seperti halnya lupa password, untuk lupa emailpun anda harus mempunyai nomor efin. Caranya hampir sama dengan lupa password, ketika ada di halaman login DJP Online, di bagian bawah form login ada tulisan “Anda ingin mengubah email? ubah disini”. Klik dan akan muncul halaman menu ubah email, masukkan NPWP, nomor efin di field yang sudah tersedia, kemudian klik “cek data”, tunggu sampai muncul identitas dari NPWP yang sudah dimasukkan. Jika data sudah muncul, klik pada field yang terdapat gambar amplop, kemudian masukkan alamat email baru yang akan digunakan. Jika sudah selesai, masukan kode keamanan dan klik “simpan perubahan”.  Dan jika anda ingin mengubah password, maka lakukan langkah nomor 1.

  1. Sudah registrasi dan aktivasi, lupa password dan email, ketika akan ubah email ada notifikasi “NPWP belum terdaftar”?

Kadang ada kejadian, ketika anda lupa password dan email, ketika akan mengubah email, keluar notifikasi “NPWP belum terdaftar”. Notifikasi tersebut muncul dapat dikarenakan beberapa hal, bisa karena pendaftaran akun DJP Online belum diaktivasi atau bisa juga karena gangguan system. Jika akun memang belum diaktivasi, silahkan diaktivasi terlebih dahulu. Tapi bagaimana jika akun sudah diaktivasi tapi tetap keluar notifikasi “NPWP belum terdaftar” ? padahal ketika kita akan buat ulang akun dengan NPWP tersebut muncul notifikasi “NPWP sudah terdaftar”?. Solusinya adalah, lakukan reset password (langkah 1), kemudian ubah email (langkah 2) dan yang terakhir adalah reset password lagi (langkah 1).

BONUS!!! Daftar e-FIN pegawai fakultas MIPA UNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *